Rabu, 05 Juni 2013

Langkah Aktivasi Akun Login Sekolah dalam Padamu.kemdikbud.go.id

Mulai tanggal 3 juni 2013, program Padamu.kemdikbud.go.id telah resmi dibuka meskipun sampai sekarang belum ada sosialisasi dari dinas terkait akan tetapi ada baiknya kita belajar bagaimana aktivasi akun dan sambil menunggu sosialisasi dari dinas terkait. Aktivasi akun sekolah dilakukan oleh operator yang ditunjuk sekolah. Akun sekolah akan digunakan oleh operator sekolah untuk proses pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK, untuk mengecek dan mencari data PTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak lembar tanda bukti verval.

Petunjuk aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain.
1.       Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
2.       Kata Sandi/Password
3.       Data Administrator              : Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
4.       Data Sekolah                      : NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah,
5.       Alamat Sekolah                  : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah
6.       Website sekolah (jika ada)
7.       Peta sekolah via Google Map

Apabila semua persiapan data pendukung sudah tersedia, Langkah-langkah operator sekolah sebagai berikut:

Pertama, buka http://padamu.kemdikbud.go.id, klik Login, disana terdapat beberapa jenis login, pilihlah Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar dibawah.
Maka akan masuk di halaman http://aktivasi.siap.web.id/padamu. Di halaman tersebut terdapat kotak untuk User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan.
Kemudian klik Login, jika berhasil akan masuk halaman pengaturan akun. Dalam halaman ini, operator menentukan Username dan Password, masukkan juga alamat email untuk pemulihan akun. Lalu klik tombol lanjut.
Setelah klik lanjut akan menuju menu Administrator, pada menu ini isi lengkap data administrator atau operator sekolah berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Kalau sudah diisi kemudian klik tombol Lanjut. 
Muncul di halaman profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap seperti NPSN, status, nama kepala sekolah, alamat sekolah, nomor kontak, email dan website. Lalu klik tombol lanjut.
Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari tempat di google map. Lalu klik tombol lanjut.
  
Jika sudah melengkapi data-data, kemudian akan masuk di halaman konfirmasi, sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan.




Cukup sekian cara mengaktifkan akun login padamu.kemdikbud.go.id Saat ini sedang pendistribusian surat jadi mari kita tunggu saja pemberitahuan dari dinas terkait, akhir kata selamat berkarya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar