Sabtu, 01 Juni 2013

Pemutakhiran NUPTK

NUPTK merupakan Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang digulirkan oleh pemerintah dengan tujuan sebagi indentitas guru seluruh Indonesia. Pada tahun ini kemendikbud mengadakan program pemutakhiran data NUPTK melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Pemutakhiran NUPTK Bisa di akses melalui padamu.kemendikbud.go.id

NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian, antara lain:
1.       Sertifikasi PTK
2.       Uji Kompetensi PTK
3.       Diklat PTK, dan
4.       Aneka Tunjangan PTK

Manfaat dari pemutakhiran ini antara lain : (padamu.kemdikbud.go.id)
  • Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  • Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  • Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate dihttp://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
  • Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)


Pemutakhiran data NUPTK tahun 2013 harus dikikuti oleh seluruh komponen pendidikan se-Indonesia, apa bila tidak dilakukan maka NUPTK bersangkutan Tidak Aktif. Dalam pemutakhiran NUPTK tahun ini ada formulir yang harus diisi, antara lain :
1.       Formulir A01
Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya dan masih aktif di Sekolah Induk tersebut
2.       Formulir A02
Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya, namun saat ini sudah mutasi/pindah ke Sekolah Induk lainnya.
3.       Formulir A03
Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya belum teridentifikasi NPSNnya.
4.       Formulir A04
Bagi NUPTK yang statusnya saat ini menjadi Pengawas Sekolah.
Ini baru sekedar info tidak perlu terburu-buru seperti Dapodik kemarin, kita tunggu penjelasan dari instansi terkait dan juknis dari dinas.

Akhir kata selamat bekerja, sukses untuk para pendidik Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar